Monday, September 17, 2007

Apakah HIV ? dan Apakah AIDS itu ?


HIV

Definisi HIV (Human Immunodeficiency Virus) menurut Wikipedia Indonesia adalah adalah "Sebuah retrovirus yang menginfeksi sel sistem kekebalan tubuh manusia - terutama CD4+ T cell dan macrophage, komponen vital dari sistem sistem kekebalan tubuh - dan menghancurkan atau merusak fungsi mereka". Dengan kata lain Virus itu menyerang sistem kekebalan tubuh manusia serta melemahkan kemampuan tubuh manusia/kita untuk melawan segala penyakit yang akan datang, sehingga tubuh kita mudah sekali terkena penyakit dan jatuh sakit.

HIV merupakan penyebab dasar AIDS. Istilah HIV telah digunakan sejak 1986 (Coffin et al., 1986) sebagai nama untuk retrovirus yang diusulkan pertama kali sebagai penyebab AIDS oleh Luc Montagnier dari Perancis, yang awalnya menamakannya LAV (lymphadenopathy-associated virus) (Barre-Sinoussi et al., 1983) dan oleh Robert Gallo dari Amerika Serikat, yang awalnya menamakannya HTLV-III (human T lymphotropic virus type III) (Popovic et al., 1984).



AIDS

AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah: Kumpulan berbagai gejala penyakit dan infeksi sebagai akibat dari hilangnya sistem kekebalan tubuh karena infeksi dari virus HIV. Pada masa ini orang yang sudah terinfeksi virus HIV akan dengan mudah diserang beberapa jenis penyakit (sindrom) akibat terus melemahnya sistem kekebalan pada tubuhnya. Gejala biasa/umum yang timbul antara lain demam, batuk atau diare yang terus menerus. Penyakit tersebut disebut sebagai Infeksi Oportunistik atau (IO)

Virus HIV juga hidup di semua cairan tubuh manusia, tetapi hanya bisa menular melalui cairan tubuh tertentu, yaitu :
  • Darah
  • Air Mani / Cairan bening yang bukan sperma ( Hal ini sering sekali di pertanyakan, walaupun HIV juga ditemukan cairan sperma, tetapi dengan tingkat konsentrasi virus yang sangat kecil)
  • Cairan Vagina
  • Air susu ibu (ASI)
Adapun Cara dan kegiatan penularan virus HIV adalah:
  • Hubungan seks kelamin dan hubungan seks oral, atau melalui anus tanpa memakai kondom
  • Transfusi darah yang mengandung virus HIV
  • Peralatan dokter yang tidak steril , cth: Peralatan dokter gigi
  • Jarum suntik, jarum tato, jarum tindik yang tidak steril dan dipakai bergantian
  • Ibu HIV- positif kebayinya ( selama masa hamil/kandungan, kelahiran dan melalui ASI)
Walaupun begitu, Pada saat kita tertular HIV (menjadi HIV-positif), bukan berarti kita langsung jatuh sakit dan tidak berdaya. Seseorang bisa hidup dengan virus HIV didalam tubuhnya bertahun-tahun lamanya tanpa merasakan sakit atau mengalami gangguan kesehatan yang serius. Lamanya masa sehat ini sangat di pengaruhi oleh keinginan yang kuat oleh diri kita sendiri dan bagaimana kita menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat. Bukankah gejala ini seperti halnya penyakit lain yang umum? cth: penyakit kanker, tumor dll..

Hari AIDS Sedunia diperingati setiap 1 Desember untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia yang disebabkan oleh penyebaran virus HIV. Tapi sangat disayangkan sekali, masih sering terjadi diskriminasi yang jelas di sekitar kita terhadap ODHA (Orang dengan HIV&AIDS), walaupun sudah mendapat perhatian Nasional / Internasional. Hal ini terjadi akibat minimnya pengetahuan tentang HIV/AIDS kepada masyarakat ! Seharusnya hal seperti ini tidak perlu terjadi, karena yang harus di hindari adalah virus HIV-nya bukan orang yang terkena virus tersebut. INGAT.. mereka juga manusia seperti halnya kita !

Untuk itu perlu sekali diketahui bagaimana virus HIV tidak menular. Virus HIV tidak menular melalui :
  • Bersentuhan, bersalaman, berpelukan dengan ODHA
  • Berciuman
  • Memakai peralatan makan dan minum bersama-sama
  • Memakai kamar mandi bersama
  • Kolam renang
  • Gigitan nyamuk
  • Tinggal serumah bersama orang dengan HIV/ AIDS
  • Duduk bersama dalam satu ruangan tertutup


Data terakhir yang dilansir oleh UNAIDS menyebutkan setidaknya terdapat 8,6 juta orang yang hidup dengan HIV di Asia dan diperkirakan terdapat 960.000 kasus baru. Lebih lanjut laporan tersebut mengungkapkan, di Indonesia diperkirakan sekitar 145.000 – 170.000 orang terjangkit virus ini melalui penyalahgunaan narkoba dengan menggunakan jarum suntik.

Departemen Kesehatan RI juga melaporkan setidaknya selama Januari hingga Maret 2007 terdapat tambahan 794 kasus baru AIDS dan 410 pengidap HIV. Dimana kasus tertinggi ditemui di Papua (175 AIDS) dan Jawa Barat (165 AIDS). Dari data kumulatif penyebaran infeksi AIDS ditemukan penyebaran melalui jarum suntik (injected drug user/IDU) di kalangan penyalahgunaan narkoba mencapai 4.459 dan kasus AIDS/IDU terbanyak di temukan di kisaran umur 20-29 tahun.

Mudah- mudahan artikel yang saya buat ini dapat sedikit menambah pengetahuan bagi anda yang membacanya. thanx !

source [spiritia] & [wikipedia]

1 comment:

.AeRea. said...

hola, mira no hablo ingles, pero creo que preguntaste si las fotos son mias, y si! jaja son mias! bueno saludos y tu blog es muy mmm rico! jaja y tentador!
saludos!!!

Addict Plus is proudly powered by Blogger . Theme designed by Douglas Bowman

© 2007 All rights reserved